Kata ‘Komputer” mulai terdengar di telingaku sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP) tahun 2002. Itupun saya kenal karena di sekolah ada laboratorium komputer. Awal system operasi yang saya kenal adalah Disk Operation System (DOS). Saya masih ingat waktu itu, layarnya berwarna hitam dan untuk mengoperasikan harus menggunakan perintah-perintah tertentu, kalau tidak salah ada DIR, CLS, dan lain-lain. Kami para siswa waktu itu disuruh memiliki Disket / Floppy Disk untuk menyimpan file tugas (untuk sekarang kayaknya sudah tidak ada lagi computer yang menggunakan Disket).

Di kelas 2 SMP, di laboratorium komputer kami mempelajari system operasi LOTUS. LOTUS ini system operasi berbasis tabel-tabel.  Nah, di kelas 3 SMP, aku mulai mengenal  Sistem Operasi Windows. Yang dipelajari waktu itu cara mengganti background, screensaver, menulis di Microsoft Word.

Tahun 2005, aku lanjut ke SMA. Di sinilah aku mulai mengenal program Corel Draw. Waktu itu kami disuruh membuat logo TELKOM (logo Telkom yang berbentuk bola plus arsiran) pakai Corel Draw 10.

Tahun 2008, saya diterima di salah satu Perguruan Tinggi di Makassar Jurusan Teknik Elektro dan Alhamdulillah mendapat Beastudi ETOS. Nah di Beastudi Etos, saya mendapat pembinaan pekanan dan salah pembinaannya adalah pengembangan diri, membuat blog dengan Blogger.Com. Dari situlah, saya mulai tertarik dengan dunia blogging, walaupun kemudian lebih tertarik ke WordPress daripada Blogspot.

Saya masih ingat di tahun 2009, saya pernah mengikuti  pelatihan Instalasi Linux. Waktu itu, saya infokan ke pendamping asrama kalau saya sudah bisa/tahu instal Linux. Kebetulan waktu itu sedang ada instruksi dari ETOS Pusat kalau semua Etoser harus bisa menggunakan Linux. Nah ditunjuklah saya untuk menginstal computer asrama pakai Linux. Mungkin karena sudah merasa jago dan akhirnya yang terjadi adalah saya menformat semua isi hardisk computer. Teman-teman di asrama akhirnya marah kepada saya setelah mereka cek ternyata file-filenya sudah habis terformat. Dan pendamping asrama yang file skripsinya ada di computer, untungnya sudah dipindahkan ke FlashDisk dan CD, kalau tidak, habislah saya.

Karena sering berintekasi dengan komputer, saya pun berani bongkar pasang computer PC hingga mengintal ulang komputer/laptop. Dan orderan instal ulang laptop pun berdatangan. Kadang ada ngasih uang, kadang ada yang kasih Thank You.

Seiring berjalannya waktu, saya pun mulai mengenal toko online, dan saya pun memesan produk di salah satu toko online. Alhamdulillah, barangnya sampai di rumah.

Selama tinggal di Makassar, komputer tidak pernah lepas dari aktivitas keseharian. Komputer telah menyatu dengan diriku. Mungkin karena profesiku sebagai freelance Web Developer dan Social Media Marketer. Tapi terlepas dari semua itu, komputer adalah sebuah teknologi yang memiliki sisi positif dan negative. Tergantung bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut.